Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Gak Murah Lagi, Harga Mobil LCGC Resmi Naik 5 Persen

All New Toyota Agya
Sumber :

100kpj –Harga mobil low cost green car atau LCGC sudah tidak murah lagi, menyusul kebijakan pemerintah dalam memberikan penyesuaian harga dengan kenaikan sebesar 5 persen. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perindustrian atau Menperin, Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Sudah ditandatangani, itu harus jalan (kenaikan harga LCGC). Sudah jalan, makanya mereka banyak memperkenalkan (model baru)," ujar Agus Gumiwang Kartasasmita di JCC Senayan, Jumat 10 Maret 2023.

Jika mengacu dari Peraturan Menteri Perindustrian (Menperin) Nomor 33 Tahun 2013, tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2), harga acuan yang ditetapkan sebesar Rp 95 juta. Lalu direvisi dan tertuang dalam Permenperin Nomor 36 Tahun 2021, tentang Kendaraan Bermotor Roda Empat Emisi Karbon Rendah, menjadi Rp135 juta.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita

Artinya, dengan adanya rencana kenaikan harga LCGC sebesar 5 persen, maka patokan banderol kendaraan entry level tersebut naik sekira Rp 6,7 jutaan. Agus pun menegaskan pihaknya menyerahkan sepenuhnya ke masing-masing produsen soal penyesuaian harga mobil LCGC.

"Jadi tetap terserah mereka mau naikkan atau tidak," ungkapnya.

All New Astra Daihatsu Ayla
Berita Terkait
hitlog-analytic