Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jakarta Auto Week 2023 Resmi Dibuka Airlangga Hartarto, Puji Kontribusi Gaikindo

Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia
Sumber :

100kpj – Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan akhirnya resmi dibuka, Jumat 10 Maret 2023. Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia membuka langsung pameran otomotif ini yang berlangsung hingga 19 Maret 2023.

Dalam pembukaannya, Airlangga Hartarto mengatakan memberikan apresiasi terhadap kinerja Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selama ini terhadap perkembangan industri otomotif di Indonesia. Di mana, adanya peningkatan penjualan sejak awal tahun ini.

"Dalam kesempatan ini Industri otomotif Indonesia cukup baik, penjualan Januari [2023] dibanding tahun lalu naik. Kumulatif jumlah produksinya dan pembelian 1.048.000 unit. Naik 18 persen, ekspor cukup tinggi 473 ribu. Gaikindo memang berkontribusi," kata Airlangga di JCC Senayan.

JAW 2023 hadirkan 60 merek yang menampilkan mobil-mobil produksi mereka. Merek-merek yang ikut meramaikan dari China, Eropa, Jepang di antaranya BMW M, Chery, Citroen, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, dan Wuling.

Pada tahun ini, JAW 2023 memasang target transaksi sebesar Rp2,3 triliun dan diklaim akan menarik 53 ribu pengunjung. Sementara itu, Yohannes Nangoi selaku Ketua Umum Gaikindo berharap GJAW bisa mendongkrak angka penjualan kendaraan roda empat dan lebih di Indonesia.

"Penyelenggaraan GJAW tahun ini menampilkan inovasi sebanyak 26 mobil, termasuk penumpang, komersial, peluncuran kendaraan baru. Indonesia akan ekspor untuk bisa kuasai industri otomotif," kata Nangoi.

Jakarta Auto Week 2023
Berita Terkait
hitlog-analytic