Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mitsubishi Fuso e-Canter Secepatnya Meluncur di Indonesia

Uji coba truk listrik ringan, Fuso eCanter
Sumber :

100kpj - PT Mitsubishi Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor truk Fuso di Indonesia pertama kali memperkenalkan Mitsubishi e-Canter pada Maret 2020. Truk listrik ringan itu beberapa kali hadi dipameran.

Setelah dipameran beberapa kali, Mitsubishi e-Canter mulai uji coba masyarakat pada Juli 2022. Digunakan untuk mendistribusikan bahan baku ke pabrik, dan mendukung pengiriman dengan rute di daerah Denpasar, Bali.

Truk pelahap seterum itu didukung 6 baterai lithium-ion dengan kapasitas 370 volt, atau 13,5 kilowatt per hour (kWh). Berdasarkan pengujian internal dengan daya angkut 75 persen, jarak tempuhnya bisa mencapai 100 kilometer.

Untuk pengisian baterai dengan arus bolak-balik, alias AC memerlukan waktu 9 jam, sedangkan DC atau arus searah hanya 1,5 jam. Sementara untuk motor penggeraknya dapat menghasilkan tenaga 135 kW, atau setara 184 PS dan torsi puncak 390 Nm.

Disalurkan melalui transmisi constan reduction, atau tidak menggunakan girboks seperti kendaraan konvensional.

Truk dengan maksimal daya angkut 2-4 ton itu, memiliki beberapa fitur pendukung keselamatan seperti pengereman ABS (anti-lock braking system), electronic stability control untuk mencegah truk tergelincir saat bermanuver, hingga lane departure warning.

Bukan cuma uji coba, namun produsen truk berlogo tiga berlian itu juga akan menjualnya di Indonesia. Namun bukan model yang sudah ada, melainkan versi terbarunya dengan sejumlah perubahan.

Berita Terkait
hitlog-analytic