Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Gaikindo Main Aman! Setuju Harga Mobil LCGC Naik 5 Persen di Tahun Ini

All New Toyota Agya
Sumber :

100kpj – Mobil LCGC (Low Cost Green Car) menjadi program pemerintah untuk meningkatkan kepemilikan mobil di Indonesia yang belum merata. Ada sejumlah brand asal Jepang yang meramaikan kelas tersebut sejak 2013 silam.

Sebelum ada program tersebut, seperti diketahui Suzuki menjadi pemain pertama yang menjual mobil harga terjangkau melalui Karimun Wagon R. Kemudian disusul Toyota Agya, Daihatsu Ayla, dan Honda Brio Satya.

All New Daihatsu Ayla

Sukses dengan Agya-Ayla, kedua perusahaan yang saling beraliansi itu mulai menawarkan mobil MPV di kelas LCGC melalui Calya, dan Sigra. Semua mobil-mobil tersebut awalnya dijual dengan harga sangat terjangkau.

Namun seiring berjalannya waktu, mengikuti perubahan harga bahan baku, kenaikkan ongkos karyawan, dan beberapa hal lainnya, harga mobil yang masuk ke dalam program KBH2 itu semakin mahal untuk sebagian orang.

Bahkan di tahun ini harga LCGC siap-siap akan mengalami peningkatan. Seperti yang sempat disampaikan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Saya umumkan di sini, penyesuaian harga LCGC sebesar 5 persen,” ujar Menperin dihadapan wartawan saat hadir di acara ekspor perdana Toyota Kijang Innova Zenix.

Berita Terkait
hitlog-analytic