Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pertama di Dunia, All New Toyota Agya Meluncur di Indonesia

All New Toyota Agya
Sumber :

100kpj - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All New Toyota Agya di Jakarta, Senin 13 Februari 2023. Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang merilis Toyota Agya baru.

Toyota Agya generasi terbaru yang dipamerkan dalam peluncuran adalah versi tertinggi, atau GR Sport (Gazoo Racing). Namun hanya purwarupa, artinya bukan versi produksi massal yang akan dijual ke pasar.

Seperti diketahui Agya pertama kali hadir di Indonesia pada 2013 untuk mengisi ceruk pasar LCGC (Low Cost Green Car). Terakhir mendapatkan penyegaran sekadar kosmetik pada 2020 lalu, dan baru kali ini mengalami perubahan total.

"Agya menggunakan mesin baru, transmisi baru, platform baru, suspensi baru untuk meningkatkan kenyamanan, keamanan, ketahanan," ujar Chief Engineering Toyota Motor Corporation, Toshihiro Nakaho di SCBD, Jakarta.

Desain eksteriornya lebih agresif, agak berbeda dengan Perodua Axia yang akan meluncur di Malaysia, Selasa 14 Februari 2023. Secara dimensi versi prototipe ini dikatakan lebih panjang dari generasi sebelumnya.

Meski masih sekadar konsep, namun bentuk keseluruhan Agya generasi terbaru sama dengan yang dirilis hari ini. Namun untuk fitur-fitur di dalam kabin, teknologi keamanan, dan sebagainya belum diinformasikan secara jelas.

Jika diperhatikan dari bahan material interiornya didominasi plastik dengan kombinasi warna hitam, serta krem pada plafon. Kursi depan, dan belakang dibungkus bahan kain, dengan aksesn jahitan benang berah agar terlihat sporti.

Berita Terkait
hitlog-analytic