Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ketua MPR RI, Bamsoet Minta Jalan Tol Punya Lajur Khusus Motor Seperti di Bali

Harley Davidson dengan mesin 338cc
Sumber :

100kpj – Jalan tol dibangun untuk memperlancar lalu lintas, dan menumbuhkan pelayanan distribusi, atau jasa agar menumbuhkan ekonomi di suatu daerah. Jalan bebas hambatan itu awalnya memang tidak dibuat untuk motor.

Jalan tol di Indonesia hanya digunakan kendaraan roda empat, atau lebih seperti bus, truk dan sejenisnya. Tapi baru-baru ini mencuat kembali usulan motor besar, alias moge melintasi jalan bebas hambatan itu.

Bamsoet bikin tempat nongkrong anak otomotif

Berbagai alasan diungkapan oleh komunitas, atau pengguna di mana pajak yang mereka bayarkan tergolong mahal, dan mesin motor tersebut sudah setara mobil sehingga layik masuk jalan tol seperti di luar negeri.

Namun wacana tersebut masih menjadi polemiik, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo menyebut semua pengguna kendaraan di punya hak, termasuk sepeda motor tanpa membedakan jenis, atau kapasitas mesinnya.

Sehingga Bamsoet sapaan akrabnya meminat agar tidak terjadi perdebatan, sebaiknya pengelola jalan tol di Indonesia membuatkan lajur khusus motor. Tapi dengan catatan tanpa membebani keuangan negara.

“Jalut tol khusus sepeda motor dapat dibuat di sisi kanan, dan kiri jalur tol yang masih ada lahan kosongnya. Seperti di tol Trans Jawa, Cipularang, maupun tol Jagorawi,” ujarnya dikutip dari Antaranews, Senin 13 Februari 2023.

Berita Terkait
hitlog-analytic