Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Esemka yang Kembali Muncul di Perhelatan Otomotif Tanah Air Jelang Tahun Politik

Kunjungan Jokowi di Pabrik Esemka
Sumber :

100kpj – Brand lokal, Esemka secara mengejutkan akan berpartisipasi dalam ajang International Motor Show atau IIMS 2023, setelah lama tak terdengar. Yang jadi perhatian lainnya adalah, munculnya di saat Indonesia tengah memasuki tahun politik pada 2023 dan 2024.

Pada tahun depan, Indonesia akan menggelar pemilihan presiden. Seperti diketahui, PT Solo Manufaktur Kreasi atau yang dikenal dengan Esemka pertama kali dipopulerkan oleh Presiden Jokowi saat masih menjabat Wali Kota Solo.

Saat itu, Esemka dibuat sebagai proyek belajar siswa SMK di Solo dan hasilkan Rajawali sebagai mobil pertamanya walau tak lolos uji kelayakan. Perakitan Esemka sempat di bawah kendali Sukiyat, Pemilik Bengkel Kiat di Klaten.

Hingga akhirnya resmi masuk industri otomotif Indonesia dan membentuk badan usaha. Berbagai model pun telah dibuat, dan salah satunya adalah Esemka Bima, yang merupakan mobil pikap.

Pikap Esemka Bima

Kehadiran Esemka memang selalu dikaitkan dengan ranah politik, dan Jokowi. Esemka kembali meroket ketika Jokowi kampanye menjadi Presiden pada 2014, Pada 2019, Jokowi pun meresmikan pabrik Esemka pada 6 September 2019 di di Boyolali, Jawa Tengah.Presiden Jokowi mengatakan, mobil Esemka adalah merek Indonesia.

"Ini (Esemka) adalah merek kita sendiri yang sudah dirintis kurang lebih 10 tahun yang lalu oleh para teknisi, oleh anak-anak SMK, ada inisiator-inisiator yang dulu saya kenal ada di sini semua," kata Jokowi saat peresmian itu.

Berita Terkait
hitlog-analytic