Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Setengah Juta Mobil Nissan Terpaksa Ditarik Kembali karena Risiko Terbakar

Logo Nissan. Foto: Ist.
Sumber :

100kpj – Nissan Motor mengumumkan menarik kembali atau recall pada ratusan ribu unit mobil yang dijualnya, dan pengajuan telah diberikan pada pemerintah Jepang. Ini menyusul ada indikasi risiko terbakar pada mobilnya.

Total mobil Nissan yang kena recall sebanyak 520 ribu unit lebih, termasuk kendaraan di-rebadge menjadi merek Suzuki. Dilansir dari Japan Times, Senin 30 Januari 2023, penarikan ini karena adanya kesalahan di bagian motor listrik.

Disebutnya, masalah tersebut bisa menyebabkan mobil terbakar. Menurut Kementerian Pertahanan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang, Nissan menarik secara keseluruhan 527.491 unit.

Adapun model yang di-recall ialah model X-Trail, Serena, dan minivan "Landy" yang dipasok ke Suzuki Motor Corp. Penarikan dilakukan usai produsen asal Jepang menerima total 3.963 laporan masalah yang disebabkan oleh kerusakan motor listrik.

Kerusakan pada sistem idling stop, di mana itu adalah fitur yang dapat mematikan mesin secara otomatis saat mobil berhenti.Menurut kementerian, ada lima insiden di mana mobil terbakar. Sementara enam kasus lainnya membakar sebagian kendaraan.

"Dari mobil yang ditarik kembali, 277.462 mobil yang diproduksi antara September 2010 dan Juni 2017 berisiko terbakar dalam skenario terburuk," kata Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang.

Sedangkan sisa mobil yang bermasalah diproduksi dari Juni 2012 hingga Juni 2016 ada sebanyak 250.029. Walau tak berisiko terbakar, tapi tetap kena recall karena ada indikasi mengalami mesin mati.

Berita Terkait
hitlog-analytic