Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Gaikindo Ingatkan Bila Subsidi Mobil Listrik Bukan untuk Orang Kaya

Ilustrasi Mobil Listrik. Foto: The Verge.
Sumber :

100kpj – Pemerintah akan memberikan subsidi kendaraan listrik, yang rencananya diumumkan pada awal Februari 2023. Banyak anggapan bila insentif tersebut hanya menguntungkan orang kaya saja, yang sanggup membeli kendaraan listrik.

Pada Desember 2022 lalu, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, memberikan gambaran mengenai insentif yang akan diberikan untuk pembelian mobil listrik, yang besarnya mencapai sekitar Rp 80 juta dan untuk mobil listrik berbasis hybrid sekitar Rp40 juta.

Insentif juga akan diberikan dalam pembelian motor listrik baru dan juga konversi motor listrik. Kebijakan ini bertujuan untuk mendorong agar penggunaan mobil atau motor listrik bisa semakin cepat.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi menepis anggapan program subsidi untuk mobil listrik hanya untuk mendukung orang kaya. Menurutnya insentif itu diperlukan untuk mempercepat populasi mobil listrik, sebagaimana tujuan dari pemerintah.

Wuling Air ev di KTT G20 Bali

"Seberapa yakin (subsidi mobil listrik)? Wallahualam. Karena masih yang namanya timbul pertentangan, karena ada bilang 'wah subsidi negara dihabiskan orang untuk beli mobil' itu untuk orang kaya, sebenarnya nggak begitu," kata Nangoi pada wartawan di Jakarta, Kamis 26 Januari 2023.

Subsidi itu sendiri memakai sumber APBN untuk Bahan Bakar Minyak (BBM). Jadi salah bila dinilai dana itu diambil dari subsidi untuk pendidikan hingga kesehatan.

Berita Terkait
hitlog-analytic