Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Akio Toyoda Mundur dari Jabatan Presiden Toyota

Akio Toyoda mundur dari Presiden Toyota
Sumber :

100kpj – Toyota Motor Corporation (TMC) mengalami perubahan pada posisi pimpinan, menyusul Akio Toyoda yang memilih mundur dari jabatan Presiden dan Kepala Eksekutif TMC, Kamis 26 Januari 2023. Apa alasan cucu pendiri Toyota ini mundur?

Melansir dari situs resmi Toyota, Jumat 27 Januari 2023, Akio Toyoda akan menjadi Chairman Toyota Motor Corporation pada April nanti. Jabatan tersebut sebelumnya ditempati oleh Uchiyamada, yang belum lama ini mengundurkan diri.

"Saya berpikir bahwa cara terbaik untuk melanjutkan transformasi Toyota adalah dengan menjadi chairman untuk mendukung presiden baru, dan itulah keputusan hari ini," ujar Akio Toyoda.

Kursi presiden Toyota yang baru akan diduduki oleh Koji Sato, yang merupakan presiden Lexus. Menurut Akio, Sato dinilai bisai membawa Toyota ke arah yang lebih baik lagi, termasuk ke era elektrifikasi, kendaraan otomatisasi, dan kendaraan yang terkoneksi.

"Sato adalah sosok pekerja keras yang sangat menjunjung tinggi nilai filosofis, teknik, serta budaya Toyota di bidang manufaktur mobil. Dia juga sangat menyukai mobil," ujar Toyoda dikutip dari Nikkei Asia.

"Saya sendiri adalah pembuat mobil tidak peduli seberapa jauh saya melangkah. Ada perubahan yang bisa saya lakukan karena saya pembuat mobil, tapi saya tidak bisa lebih dari menjadi pembuat mobil. Saya pikir itu adalah keterbatasan saya."

"Misi tim baru ini adalah mengubah Toyota sepenuhnya menjadi perusahaan mobilitas. Saya percaya tim manajemen baru akan dapat melakukan apa yang tidak dapat saya lakukan," ucap dia.

Berita Terkait
hitlog-analytic