Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tak Ingin Senyap, Mobil Listrik Ferrari akan Tetap Bersuara Sangar

Ferrari Purosangue
Sumber :

100kpj – Mayoritas mobil listrik tak memiliki suara atau senyap ketika digunakan, karena mesinnya gunakan tenaga listrik. Akan tetapi, Ferrari akan membuat mobil listrik buatannnya tetap memiliki suara khas yang sangar.

Mengutip Carbuzz, Selasa 24 Januari 2023, pabrikan asal Italia tersebut telah mendaftarkan paten sistem suara knalpot mereka. Di mana, itu mobil dengan perangkat penghasil suara yang dapat dihubungkan ke motor listrik'.

Ferrari ingin suara yang keluar dari mobilnya lebih nyata, walaupun ituIconic Sounds yang diproduksi oleh Hans Zimmer untuk BMW. Jadi, nantinya mengekstraksi suara asli dari motor listrik dan berbagai komponen powertrain seperti transmisi, slip differential, dan roda.

Sistem motor listrik akan menambah arus yang disebut 'arus sonoritas' pada frekuensi yang tidak akan mengganggu pengoperasian motor listrik. Suara ini sendiri bersifat variabel, di mana rentang frekuensi harmonik dapat dibuat berdasarkan tingkat kecepatan putaran motor listrik.

Mobil listrik Ferrari

Ferrari menilai mobil berperforma tinggi membutuhkan sound system yang khas yang menjadi bagian dari pengalaman berkendara yang memuaskan. Sistem yang dikembangkan Ferrari bisa dikatakan hampir sama dengan sistem 'exhaust' Fratzonic pada Charger Daytona SRT EV Concept.

Yaitu, suara bising akan dihasilkan melalui amplifier ketika sistem sensor mendeteksi adanya perubahan kecepatan. Sebab, suara knalpot memang yang tak didapatkan di mobil listrik, dan itu cukup bahaya sebenarnya bagi pengendara lain karena senyap.

Berita Terkait
hitlog-analytic