Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Lengserkan Toyota Avanza, Honda Brio Mobil Paling Laku di Indonesia

Honda Brio mobil paling laris di Indonesia 2022

100kpj – Honda Brio berhasil lengserkan Toyota Avanza dari tahta mobil terlaris di Indonesia. Bertahun-tahun Avanza selalu menjadi mobil paling laku di dalam negeri, menyasar segmen Low MPV dengan konfigurasi 7-penumpang.

Sedangkan Honda Brio lahir untuk meramaikan segmen city car dengan tipe RS, dan LCGC (Low Cost Green Car) melalui varian Satya. Meski dimensi lebih kecil dari Avanza, tapi mobil buatan Karawang itu bisa membius masyarakat.

Toyota New Avanza

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, atau Gaikindo, penjualan Brio dari pabrik ke diler alias wholesales mencapai 61.025 unit sepanjang Januari-Desember 2022, naik 36 persen dari 2021.

Pencapaian tersebut membuat mobil 4-penumpang itu lebih unggul dari Avanza yang hanya terjual ke diler 60.624 unit dalam periode 12 bulan.

Sedangkan secara retail, penjualan Brio dari diler ke konsumen di tahun lalu menyentuh angka 60.532 unit, artinya lebih sedikit dari wholesales. Sehingga diduga ada unit yang tersisa di diler sampai akhir tahun lalu.

Meski begitu, penjualan diler ke konsumen meningkat 34 persen dibandingkan 2021. Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy bersyukur dengan pencapaian tersebut.

Berita Terkait
hitlog-analytic