Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Hyundai Ioniq 5 Ini Bisa Jalan Seperti Kepiting, Parkir Mobil jadi Gampang

Hyundai Ioniq 5 dengan 5 penggerak
Sumber :

100kpj – Hyundai Motor Group telah mengenalkan sistem e-Corner pada Hyundai Ioniq 5 dalam ajang Consumer Electronic Show (CES) 2023. Dengan sistem itu, mobil listrik tersebut bisa jalan seperti kepiting hingga untuk parkir mobil akan lebih mudah.

Sebenarnya konsep ini sendiri sudah diperkenalkan di CES 2018 lalu, namun baru direalisasikan pada 2021. Kemudian diaplikasikan ke Ioniq 5 pada CES tahun 2023.

Melansir dari Paultan, Selasa 10 Januari 2023, sistem e-Corner memang dirancang untuk kendaraan hybrid electric (HEV), battery electric (BEV) dan fuel cell electric (FCEV).

Fitur ini berupa motor dalam roda yang juga mengintegrasikan teknologi rem dan kemudi dengan kabel serta peredam listrik ke dalam satu paket. Sistem e-Corner ini membuat Hyundai Ioniq 5 menjadi lebih leluasa dalam bergerak.

Seperti 'Crab Driving', jadi keempat roda Hyundai Ioniq 5 bisa berputar hingga 90 derajat, lalu bergerak seperti jalannya kepiting, yakni lurus secara horizontal. Lalu gerakan Zero Turn, di mana empat roda membentuk sudut dan berputar, yang biasanya kalau putar arah hanya mengandalkan roda depan saja.

Hyundai Ioniq 5 dengan 5 penggerak

Kemudian ada Diagonal Driving, roda berputar 30 derajat hingga berbentuk garis diagonal. Terakhir Pivot Turn, roda belakang berputar sedangkan tumpuan putaran berada pada roda depan. Ini memudahkan untuk menggeser bokong mobil ke kiri atau ke kanan hingga memudahkan dalam parkir paralel.

Berita Terkait
hitlog-analytic