Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Canggih Tapi Biayanya Mahal, Alat Ini Bisa Isi Baterai Mobil Listrik Cuma 12 Menit

Tempat pengisian baterai mobil listrik tercepat di dunia
Sumber :

100kpj – Kendaraan listrik, atau hybrid membutuhkan baterai untuk menggerakkan dinamo ke roda. Baterai menjadi nyawa untuk kendaraan listrik murni, berbeda dengan hybrid yang masih bisa digerakkan mesin pembakaran.

Baterai yang digunakan pada mobil listrik terbentuk dari beberapabahan dasar, diantaranya lithium-ion, nikel, metal, atau lainnya. Soal kapasitas penyimpanan disesuaikan dari kemampuan dinamo, dan desain kendaraannya.

Starbucks bikin charging station kendaraan listrik

Kapasitas baterai menentukan daya listrik yang masuk. Saat ini ada dua tipe pengisian, yaitu melalui arus bolak-balik atau Alternating Current (AC), arah arusnya selalu berubah-ubah, dan arus searah alias Direct Current (DC).

Waktu yang dibutuhkan untuk pengisian daya baterai tersebut sebagian besar mulai dari 30 menit, sampai 11 jam, tergantung tegangan atau arus kelistrikannya.

Untuk mempersingkat waktu, NIO sebagai perusahaan teknologi asal China meluncurkan pengisian daya terbaru bertenaga 500 kilowatt (kW), seperti dilansir Gizmochina, Rabu 28 Desember 2022.

Berkat daya listrik sebesar itu maka untuk pengisian baterai mobil listrik dari kondisi 10 persen, sampai 80 persen hanya membutuhkan waktu 12 menit. Atau menjadi yang tercepat di China dibandingkan alat pengisian lainnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic