Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil Listrik Harga Segini yang Bakal Dapat Insentif, Gimana Hyundai Ioniq 5?

Menperin, Agus Gumiwang Kartasasmita (Tengah)
Sumber :

100kpj – Kendaraan listrik menjadi solusi untuk mengurangi emisi dari mesin pembakaran. Selain itu, untuk menekan pemakaian bahan bakar minyak yang berasal dari fosil, di mana ketersediaannya di dunia semakin menipis.

Setiap negara memiliki cara sendiri untuk mempercepat penggunaan kendaraan listrik. Di Indonesia, demi menuju netralitas karbon pada 2060, dan membuat harganya lebih terjangkau maka akan diberikan insentif baru. 

Gaya Ketua DPR RI, Puan Maharani bawa Hyundai Ioniq 5

“Ini bukan subsidi, tapi insentif, kita berikan dalam rupiah tertentu ini sedang bicara dengan ibu Menteri Keuangan nilainya Rp5 triliun nanti dibagi motor berap, mobil berapa, bus kita akan pertimbangkan juga,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menurutnya, insentif yang diberikan untuk kendaraan listrik adalah hal yang wajar, karena dilakukan di beberapa negara lainnya. Terutama untuk mobil listrik, harganya sekitar 30 persen lebih mahal dari mobil konvensional.

Soal besaran, dan kategori kendaraan listrik yang akan mendapatkan keringanan dari negara itu memang belum dijelaskan lebih detil. Yang jelas produk ramah lingkungan itu sudah diproduksi di dalam negeri, bukan impor.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, untuk menentukan jumlah insentif yang diberikan perlu perhitungan matang, masu banyak formula dan kebijakan yang sedang digodok pemerintah.

Berita Terkait
hitlog-analytic