Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Subsidi Mobil Hybrid Rp40 Juta, Harga Kijang Innova Zenix Hybrid Jadi Lebih Murah?

All New Toyota Kijang Innova Zenix

100kpj – Untuk menarik minat konsumen terhadap kendaraan ramah lingkungan, berbagai cara dilakukan oleh pemerintah. Tujuannya untuk menekan emisi dari mesin pembakaran, agar bisa mencapai netralitas karbon 2060.

Salah satu caranya adalah memberikan subsidi agar harganya lebih terjangkau, terutama dalam kondisi on the road. Dengan begitu Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita sedang merancang isentif tersebut.

Soal angka subsidi, mobil listrik berbasis baterai mendapatkan porsi lebih besar dibandingkan hybrid yang masih mengandalkan mesin pembakaran untuk membantu menggerakkan roda meski tertanam tenaga listrik.

“Jumlah dari subsidinya itu akan kami hitung, tapi kira-kira untuk pembelian mobil listrik akan diberikan isentif sebesar Rp80 juta. Untuk pembelian mobil listrik berbasis hybrid akan diberikan isentif Rp40 juta,” ujar Agus Gumiwang.

Diduga subsidi itu akan berlaku tahun depan, namun lebih lanjut Menperin menjelaskan, aturan tersebut dalam proses finalisasi menghitung isentif kendaraan listrik, baik mobil, atau sepeda motor yang diproduksi lokal.

“Insentif akan diberikan kepada pembeli mobil, atau motor listrik yang mempunyai pabrik di Indonesia,” tuturnya.

Menurutnya, keringan atau subsidi tersebut dibutuhkan untuk kendaraan ramah lingkungan untuk mendorong pertumbuhannya, seperti yang diterapjan di beberapa negara seperti Eropa, China, dan Thailand.

Berita Terkait
hitlog-analytic