Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Honda CR-V Bertenaga Hidrogen Siap Diproduksi

Logo Honda

100kpj – Honda secara resmi mengumumkan akan segera memproduksi fuel cell electric vehicle (FCEV) melalui model Honda CR-V yang bakal diluncurkan pada 2024. Produksi mobil segmen SUV tersebut akan dilakukan di Performance Manufacturing Center (PMC) di Marysville, Ohio.

Mobil ini termasuk dalam rencana Honda guna memproduksi battery electric vehicle (BEV) dan FCEV mewakili 100 persen penjualan mobil globalnya pada tahun 2040. FCEV berbasis CR-V baru juga akan menandai kendaraan produksi pertama di Amerika Utara yang menggabungkan fitur plug-in dengan teknologi FCEV dalam satu model.

Dengan teknologi ini, pemilik mobil hanya membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mengisi daya. Akan tetapi, jarak tempuh yang bakal dihasilkan oleh mobil bisa lebih jauh.

“Honda menetapkan tujuan kami untuk mewujudkan netralitas karbon pada tahun 2050 dan elektrifikasi lengkap jajaran kendaraan kami pada tahun 2040 sangat penting untuk mencapainya,” ucap Gary Robinson, wakil presiden Auto Planning & Strategy untuk American Honda Motor Co., Inc., dilansir dari Car and Driver, Kamis 1 Desember 2022.

“Kami mempercepat rencana kami untuk memproduksi EV baterai Honda di Amerika Serikat, kami juga akan memulai produksi volume rendah kendaraan listrik sel bahan bakar di sana untuk lebih mengeksplorasi potensi besar mereka sebagai bagian dari masa depan transportasi yang berkelanjutan,” lanjutnya.

Produksi mobil di Performance Manufacturing Center (PMC) memang lebih kecil, dan memiliki fasilitas manufaktur khusus, yang berfokus pada pengerjaan dan kendaraan rakitan tangan. Sejak dibuka pada tahun 2016, PMC bertanggung jawab atas produksi supercar Acura NSX, berbagai kendaraan Acura PMC Edition (termasuk TLX, RDX dan MDX) bersama dengan mobil balap Honda Performance Development.

Maka itu, PMC dinilai sangat cocok dalam memproduksi FCEV yang memiliki kualitas tinggi, dan butuh prosedur perakitan khusus. Dipilihnya Honda CR-V sendiri karena menjadi SUV terlaris di Amerika selama seperempat abad terakhir, dan cocok untuk FCEV karena mobil ini memiliki karakter yang fun-to-drive, sporty, serta memiliki kabin yang lega.

Berita Terkait
hitlog-analytic