Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Siapa Sangka Toyota Kijang Gerenasi Pertama Punya Kembaran di Negara Lain, Namanya Kerbau

Toyota Kijang
Sumber :

100kpj – Toyota Kijang Innova Zenix menjadi bukti jika Toyota Kijang punya tempat tersendiri, di pasar otomotif Indonesia sejak pertama kali meluncur di Hotel Hilton, Jakarta pada tahun 1977 silam.

Generasi pertama Toyota Kijang diberi kode bodi KF10, yang tenar dengan panggilan Kijang Buaya. Nama tersebut diberikan lantaran, kap mesinnya yanh bisa terbuka hingga samping bodi.

Toyota Kijang generasi pertama hanya tersedia model pick up, lantaran Toyota Kijang lahir karena pemerintahan Orde Baru yang dipimpin Presiden Soeharto, mengeluarkan program Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna (KNBS) pada awal 1970.

Tujuannya adalah menciptakan kendaraan niaga produksi dalam negeri, dengan harga terjangkau sehingga bisa dibeli masyarakat banyak, sebagai alat transportasi dan distribusi barang.

https://2.bp.blogspot.com/-lQxgkwb2jbw/VOTGQstQmvI/AAAAAAAAA2k/_4I24uOBF9w/s640/kijang%2Bbuaya.jpg

Proyek pembuatan Basic Utility Vehicle (BUV), dimulai Toyota pada 1972 di bawah pimpinan oleh Osamu Ohta dan Ohyama sebagai chief engineer.

Proyek BUV ini dikerjakan oleh Osamu Ohta dan Ohyama selama 5 tahun. Prototipe Toyota Kijang generasi pertama ini baru diperkenalkan di Jakarta Fair 1975, yang berlangsung 14 Juni-19 Juli.

Berita Terkait
hitlog-analytic