Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Baterai Kijang Innova Zenix Hybrid Akan Digunakan Untuk Mobil Hybrid Daihatsu?

All New Toyota Kijang Innova Zenix
Sumber :

100kpj – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sudah menciptakan baterai di Karawang, Jawa Barat. Baterai tersebut pertama kali digunakan untuk All New Kijang Innova Zenix Hybrid yang sudah resmi dirilis.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto mengatakan, Toyota sudah menambah nilai investasi di Indonesia setara Rp28,3 triliun untuk membangun industri pendukung BEV, PHEV, atau HEV.

Baterai buatan Toyota Indonesia

"Toyota sudah membuat perakitan baterai pack, yang terdiri dari shel,” ujar politikus Partai Golkar tersebut saat meresmikan produksi perdana Kijang Innova Zenix di Karawang, kemarin.

 Kijang Innova Zenix Hybrid didukung mesin bensin 4 silinder M20A-FXS berkapasitas 1.987cc. Tenaga maksimalnya 186 PS di 6.000 rpm, dan torsi 187,3 Nm di 4.400-5.200 rpm. Motor listriknya bertenaga 113 PS, dan torsi 205,9 Nm.

Mengandalkan baterai non-liquid electrolyte yang terdiri dari 28 modul, atau 168 sel masing-masing 1,2 volt, secara total kapasitasnya 201,6 volt. Tenaga yang dihasilkan, atau dialirkan untuk menggerakkan dinamo 27 kilo watt.

Komponen penyimpan daya listrik yang terbuat dari nikel, dan metal itu apat bertahan dalam kondisi ekstrim di temperature minus 30 derajat, sampai 60 derajat celcius. Dilengkapi SMR, atau sistem main relay, dan pendingin.

Berita Terkait
hitlog-analytic