Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Presiden Jokowi Siap Gandeng Australia Bikin Baterai Mobil Listrik di RI

Ilustrasi pengisian mobil listrik
Sumber :

100kpj – Mobil listrik yang beredar di pasar Indonesia sebagian besar masih berstatus impor. Diantaranya ada beberapa model Tesla, Porsche Taycan, Nissan Leaf, Lexus UX-300e, DFSK Gelora E, dan Toyota bZ4X yang paling terbaru.

Yang sudah diproduksi, atau dirakit secara lokal hanya Hyundai Ioniq 5, dan Wuling Air ev. Keduanya punya spesifikasi berbeda, dan harga terpaut jauh, namun jika berdasarkan jenisnya tergolong masih mahal.

Presiden Jokowi naik mobil listrik Hyundai Genesis

Mengingat jantung utama dari mobil listrik buatan RI itu masih berstatus impor, seperti halnya baterai, dan dinamo untuk sumber penggerak rodanya. Maka harganya masih tergolong tinggi untuk sebagai orang.

Padahal jika salah satu dari komponen itu sudah dibuat lokal, besar kemungkinan harga kendaraan listrik di Indonesia akan lebih terjangkau. Saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang akan memproduksi baterai.

Mengingat Indonesia memiliki nikel sebagai salah satu bahan baku yang dibutuhkan untuk baterai kendaraan listrik. Maka, Presiden Jokowi mengajak beberapa negara bekerjasama demi merealisasikan hal tersebut.

Salah satunya melalui Konfrensi Tingkat Tinggi, atau KTT G20, tepatnya pada B20 Summit, 14 November 2022 kemarin. Orang nomor satu di RI itu berusaha merayu pimpinan Australia untuk membuat baterai mobil listrik.

Berita Terkait
hitlog-analytic