Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil Sedan di Indonesia Gak Akan Laku Keras Seperti 10 Tahun Lalu

Mobil elektrifikasi Toyota di GIIAS 2022

100kpj – Setiap negara memiliki karakter konsumen, dan kebutuhan berbeda-beda. Begitu juga dengan kondisi ekonominya, hal itu lah yang menjadi pengaruh besar dalam pertumbuhan industri otomotif di suatu negara.

Salah satu contohnya Indonesia, sebagian lebih menyukai berpergian bersama keluarga, otomatis butuh mobil yang dapat menampung banyak penumpang, begitu juga dengan bagasi luas untuk barang-barang.

All New Toyota Corolla Altis

Maka mobil MPV, atau Multi Purpose Vehicle menjadi terlaris di Tanah Air, meski ada bebrapa faktor lain juga yang membuat mobil keluarga tersebut bisa lebih dilirik dibandingkan jenis lain, terutama sedan.

Berdasarkan data Gaikindo. penjualan sedan tentu tidak sebesar MPV, atau SUV yang sedang menjadi tren. Selama 8 bulan di tahun ini, sedan hanya menyumbang 0,8 persen dari total penjualan secara nasional.

Penjualan sedan dari diler ke konsumen hanya 5.096 unit selama periode Januari-Agustus 2022. Untuk kategori mesin di bawah 1.500cc menyumbang 1.683 unit. Di ceruk pasar itu diketahui ada Honda City, atau Toyota Vios.

Sedangkan di bawah 3.000cc penjualannya mencapai  3.396 unit, dan di atas 3.000cc hanya 17 unit dalam periode tersebut. Padahal beberapa tahun silam, sedan sempat diminati dibandingkan tahun-tahun sekarang.

Berita Terkait
hitlog-analytic