Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Politik Industri Otomotif di RI Jadi Halangan ITS Jual Mobil Listrik?

Mobil listrik ITS-ITB i-Deora
Sumber :
ITS

100kpj – Institut Teknologi Sepuluh Nopember, atau ITS menjadi salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang kerap membuat kendaraan listrik. Sudah cukup banyak karyanya, mulai dari mobil, hingga sepeda motor.

Salah satu karyanya yang sudah dipasarkan, dan diproduksi massal adalah motor listrik Gesits. Bahkan bukan hanya dijual di dalam negeri, namun matik pelahap seterum tersebut juga di ekspor ke beberapa negara.

Mobil listrik Lowo Ireng garapan ITS.

Perguruan tinggi yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur itu juga berkolaborasi dengan sejumlah kampus di Indonesia untuk membuat kendaraan pelahap seterum. 

Diantaranya dengan ITB (Institut Teknologi Bandung) yang telah melahirkan mobil listrik dengan desain futuritis layiknya buatan pabrikan yang sudah siap produksi, kolaborasi ITS-ITB itu diberi nama i-Deora.

Selain itu kampus yang terkenal di bidang otomotif, dan robotik tersebut juga berkolaborasi dengan Universitas Budi Luhur dengan menciptakan mobil listrik bergaya off road, yaitu Blits.

Di luar dari kolaborasi tersebut, ITS lebih dulu membuat 2 mobil listrik pada beberapa tahun lalu. Yang pertama bergaya sport bernama Lowo Ireng Reborn, dan berbentuk seperti mobil Golf tanpa pintu, yaitu Limosin atau 5Sin. 

Berita Terkait
hitlog-analytic