Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ini 'Ramuan' Toyota Indonesia Untuk Mengurangi Emisi Karbon

Toyota bZ4X
Sumber :

100kpj – Berbagai cara dilakukan produsen otomotif di Indonesia untuk mendukung program pemerintah, dalam mengurangi emisi karbon. Salah satunya dengan menawarkan kendaraan hybrid, atau listrik berbasis baterai.

Saat ini sebagian besar mobil listrik murni, hybrid, atau PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) yang dijual di Indonesia masih impor. Tercatat hanya ada beberapa produsen yang sudah merakitnya di dalam negeri.

Toyota bZ4X

Sebelum menjual kendaraan ramah lingkungan, setiap produsen punya strategi berbeda-beda. Seperti yang diterapkan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) bersama PT Toyota Astra Motor (TAM).

Beberapa produk rendah emisi yang mereka tawarkan di pasar Indonesia saat ini lebih didominasi hybrid, seperti Corolla Cross, Corolla Altis, C-HR,  dan Camry. Sedangkan untuk listrik murni baru ada Lexus UX-300e.

Namun sebelum menawarkan banyak model kendaraan listrik, dan memproduksinya di dalam negeri, produsen Toyota di Tanah Air itu mendirikan fasilitas pembelajaran mobil rendah emisi, yaitu xEV Center di Karawang.

TMMIN sebagai pabrikan memberikan edukasi, dan informasi terkait kendaraan listrik, termasuk memberikan kesempatan masyarakat menggunakan mobil listrik yang sudah mereka sewakan di Bali, dan Danau Toba, yaitu Coms, dan C+pod.

Berita Terkait
hitlog-analytic