Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mitsubishi Xpander Dipaksakan Pakai Pertalite, Aman Kah?

Ilustrasi SPBU
Sumber :

100kpj –  Wacana pembatasan pembelian bahan bakar minyak atau BBM subsidi Pertalite, tegah digodok oleh pemerintah. Jika wacana tersebut direalisasikan, maka beberapa mobil akan terdampak dari aturan tersebut, salah satunya adalah Mitsubishi Xpander.

Dalam aturan Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM, disebutkan bila mobil di atas 1.400cc dilarang "menenggak" Pertalite.

Jika, kriteria mobil di atas 1.400 cc diterapkan, ada beberapa model LMPV yang bakal dilarang beli Pertalite. Salah satunya adalah Xpander yang memiliki kapasitas mesin 1.500cc.

Namun apakah, mobil keluarga tersebut masih aman untuk mengkonsumsi Pertalite? Director of Sales & Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Tetsuhiro Tsuchida mengatakan, tidak masalah jika Mitsubishi Xpander menggunakan BBM jenis Pertalite.

Mitsubishi New Xpander Cross di GIIAS Surabaya 2022

"Enggak masalah tetap aman (gunakan Pertalite). Tapi memang bukan itu yang kami sarankan," ujar Tetsuhiro Tsuchida kepada wartawan di GIIAS Surabaya, Rabu 14 September 2022.

Lebih lanjut dia mengungkapkan bahwa hingga kini belum ada kasus mesin Xpander bermasalah karena memakai bensin Pertalite. Tapi memang, Tsuchida-san, menyebutkan bila konsumsi atau pengaruh bahan bakar juga bergantung pada cara berkendara.

Berita Terkait
hitlog-analytic