Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Atasi Mahalnya BBM Bisa dengan Subsidi Kendaraan Listrik

SPKLU Shell Indonesia
Sumber :

100kpj – Kendaraan listrik saat ini sedang menjadi alat transportasi menuju masa depan, walaupun harga mobil atau motor listriknya masih cukup mahal. Namun dinilai lebih efisien karena tak memerlukan bahan bakar minyak atau BBM.

Mahalnya harga kendaraan listrik sebenarnya bisa diakali dengan subsidi dari pemerintah seperti yang dilakukan oleh negara-negara lain. Hal itu diungkapkan oleh pakar energi dari Institut Teknologi Bandung, Dr Yuli Setyo Indartono.

Adanya subsidi tersebut, menurut Yuli bisa mengatasi masalah semakin membengkaknya subsidi untuk BBM akibat naiknya harga minyak dunia sebagai dampak dari konflik Rusia dan Ukraina.

“Insentif bagi rakyat di tengah kenaikan harga BBM tidak hanya berupa Bantuan Langsung Tunai atau Bantuan Sosial, tetapi bisa juga dilebarkan sehingga mencakup kompor listrik atau kendaraan listrik,” ujarnya saat webinar Moya Institute, dikutip Minggu 28 Agustus 2022.

Yuli juga menekankan perlunya eksplorasi dan peningkatan penggunaan energi bauran dan energi terbarukan, guna menanggulangi krisis energi saat ini. Apalagi, tidak ada jaminan harga BBM tidak naik lagi di masa mendatang.

"Kendaraan elektrik juga opsi yang tepat. Norwegia misalnya sudah mencapai 94 persen, dan subsidinya pun menyasar segmen masyarakat yang tepat,” tuturnya.

Pemerhati isu-isu strategis, Prof Imron Cotan sependapat dengan opini Yuli. Ia menyatakan, sudah waktunya penggunaan energi bauran serta energi baru dan terbarukan ditingkatkan guna menggantikan energi fosil yang tidak berkesinambungan.

Berita Terkait
hitlog-analytic