Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pencarian soal Mobil Listrik di Google Naik 300 Persen

Toyota bangun fasilitas pengembangan kendaraan listrik di RI

100kpj – Seiring dengan meningkatnya tren kendaraan listrik di Indonesia, membuat masyarakat penasaran dengan mobil dan motor ramah lingkungan. Ini berdasarkan data dari Google Trends di Indonesia dari 2020 hingga 2021.

Bahkan pencarian merek mobil listrik di Google meningkat hingga 300 persen. Menurut Industry Analyst Google Indonesia Karlina Ayuningtyas pengakses menggunakan Google Search dan YouTube untuk memulai dan menyelesaikan perjalanan pembelian mereka.

Pencarian merujuk pada kombinasi mobil listrik dan mobil hybrid. Topik terkait kendaraan hybrid naik 53 persen dalam periode yang sama. Sedangkan penelusuran kata kunci terkait mobil listrik naik 60 persen di YouTube.

"Orang Indonesia ingin tahu tentang kendaraan listrik, tetapi kita juga melihat keinginan yang lebih besar untuk membelinya," kata Karlina dalam acara Google Media Briefing: The Automotive Industri and the Road to Recovery hari ini, Selasa 9 Agustus 2022.

Lebih lanjut dia mengungkapkan bila penulusuran untuk harga EV mencapai 35 persen dari pencarian terkait EV secara keseluruhan. Sedangkan 29 persen dari penelusuran terkait hybrid lebih ke informasi soal harga.

"Ini menunjukkan peluang besar bagi merek yang mencoba untuk merebut generasi konsumen baru, yang 90 persen di antaranya mencari informasi kendaraan listrik secara online," ucap Karlina.

Sedangkan penulusuran kendaraan listrik di Google capai 30 persen. Ini lebih tinggi dari daripada penelusuran untuk SUV dan hatchback dari Agustus 2021 hingga Juli 2022, dan pada periode yang sama penulusuran motor listrik di Youtube naik 85 persen.

Berita Terkait
hitlog-analytic