Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Berapa Sih Harga Baterai yang Dipakai untuk Suzuki Ertiga Hybrid?

Suzuki All New Ertiga Hybrid
Sumber :

100kpj – Suzuki All New Ertiga Hybrid menjadi mobil segmen LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) pertama di Indonesia yang mengadopsi teknologi elektrifikasi. Lalu berapa harga baterai pada mobil yang diproduksi di dalam negeri ini?

Ada 2 komponen utama yang melengkapi teknologi hybrid di Ertiga ini yakni pendamping mesin pembakaran internal, atau Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-Ion Battery. Dengan begitu Ertiga Hybrid mampu memaksimalkan efisiensi konsumsi bahan bakar, kenyamanan, dan ramah lingkungan dengan mesin 1.462cc, 4 silinder.

Sedangkan untuk tenaga yang dihasilkan dari mesin berteknologi baru itu mampu mengeluarkan daya maksimum 104,7 ps di angka 6.000 RPM serta torsi 138 nm pada 4.400 RPM. Memang Ertiga Hybrid ini masih menggunakan mesin dan sasis yang sama.

Suzuki sendiri masih mengandalkan mesin bensin 4-silinder berkode K15B, di mana dikawinkan dengan fitur mild hybrid yang disebut dengan Suzuki Smart Hybrid. Untuk baterai lithium ion berkapasitas 6 Ah 12 Volt ini ditanam Suzuki di bawah jok penumpang depan.

SHVS Hybrid Suzuki

Pabrikan asal Jepang ini memastikan bila baterai yang digunakan bukan termasuk kategori onderdil fast moving. Walau begitu, Suzuki menjamin ketersediannya, serta garansi yang membuat konsumen tenang.

"Kendaraan ini menggunakan dua jenis baterai, yakni lead acid dan lithium-ion. Untuk harga baterai lithium-ion Rp 15 juta, sementara lead acid Rp 3,6 juta. Stok tersedia memadai dan garansi kami adalah 5 tahun atau 100 ribu kilometer," ujar Christiana Yuantie, Spareparts Dept. Head PT. SIS, saat peluncurkan Ertiga Hybrid.

Berita Terkait
hitlog-analytic