Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

5 Negara yang Ketagihan Beli Suzuki XL7 Buatan Indonesia

Suzuki XL7
Sumber :

100kpj - Demi meramaikan pasar mobil Low Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan Suzuki XL7 tepat sebelum pandemi, atau 15 Februari 2020.

Suzuki XL7 buatan lokal tersebut bukan hanya dijual untuk pasar dalam negeri, namun juga dikapalkan ke berbagai negara dalam bentuk utuh. Tercatat ekspor Low SUV itu meningkat 30 persen selama Januari-April 2022 dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Production Planning Control Assistant to Dept. Head PT SIM, Wijanato Jati Pradono mengatakan, peningkatan penjualan ekspor yang positif ini menunjukkan bahwa XL7 terus menjadi mobil impian bagi pelanggan setia Suzuki sejak pertama diluncurkan.

Lebih lanjut Pradono menjelaskan, ada lima negara yang menjadi tujuan ekspor terbesar XL7, yaitu Vietnam, Filipina, Meksiko, Thailand, dan Taiwan.

"Sepanjang tahun 2022, Suzuki melakukan ekspor ke 51 negara yang tersebar di Asia, Timur Tengah, Amerika Selatan, Oseania, hingga Afrika, baik melalui pelabuhan Patimban maupun Tanjung Priok,” ujarnya dikutip dari keterangan resmi, Rabu 1 Juni 2022.

Secara keseluruhan, pabrikan berlogo S itu mencatatkan peningkatan ekspor 17 persen. Dari angka tersebut, XL7 menjadi penyumbang terbesar sebanyak 30 persen, lalu posisi kedua adalah APV dengan peningkatan 26 persen.

Di awal kemunculannya, Low SUV dengan konfigurasi 7 penumpang itu hadir 6 varian, masing-masing memiliki transmisi manual, dan matik. Dibekali mesin bensin empat silinder berkapasitas 1.500cc yang sama dengan Ertiga, bertenaga 103 daya kuda dan torsi 138 Newton meter.

Berita Terkait
hitlog-analytic