Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Orang Indonesia Suka Mobil SUV Kayak Gini, Mahal Gak Masalah?

Honda SUV RS Concept di GIIAS Surabaya
Sumber :

100kpj – Kebutuhan mobil di setiap negara berbeda-beda, namun saat ini jenis SUV (Sport Utility Vehicle) masih digandrumi secara global. Bahkan di Indonesia, MPV (Multi Purpose Vehicle) yang sempat populer sudah mulai tergeser.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, penjualan mobil SUV mengalami peningkatan setiap tahun. Pada 2017 berkontribusi 15 persen dari total penjualan pasar domestik, di mana MPV masih 31 persen. 

Baca juga: Gak Nyangka, Sekarang Orang Indonesia Butuh Mobil Seperti Ini

Honda BR-V Terbaru dikirim ke konsumen. Foto: Farhan Nurhuda.

Namun memasuki 2018 tumbuh menjadi 17 persen, lalu 2019 sebanyak 18 persen, pada 2020 kembali meningkat 21 persen. Kemudian 2021 penjualan SUV tembus di angka 26 persen, lebih tinggi dari MPV yang hanya 23 persen.

Melihat perubahan tersebut, PT Honda Prospect Motor (HPM) mulai fokus menggarap segmen tersebut melalui tiga produk andalannya. Di kelas low SUV ada All New BR-V, untuk medium SUV All New HR-V, dan CR-V SUV premium.

Product Strategy Manager PT HPM, Ferdianto Budiono mengatakan, setelah melakukan survey ada 5 hal yang dibutuhkan konsumen memiliki mobil SUV, yaitu fun to drive, teknologi, unik, pride, dan sarana dari mobil itu sendiri.

Berita Terkait
hitlog-analytic