Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil Tesla Dicuri dalam Waktu 10 Detik Pakai Bluetooth

Tesla Model 3
Sumber :

100kpj – Konsultan keamanan siber dari perusahaan NCC Group yang ada di Manchester, Inggris, membuat kejutan terhadap keamanan mobil. Di mana, mereka dengan mudah membobol mobil listrik Tesla dengan cepat.

Saat ini kunci keyless atau tanpa anak kunci memang jadi fitur unggulan di beberapa kendaraan. Akan tetapi, ternyata hanya dengan bluetooth bisa langsung dibobol oleh pencuri, seperti dilansir dari The Drive, Sabtu 21 Mei 2022.

Demontrasi tersebut dilakukan pada Tesla Model 3 dan Y oleh Khan. Dengan mengutak-atik sistem entri tanpa kunci Tesla, yang bergantung pada teknologi yang dikenal sebagai protokol Bluetooth Low Energy (BLE).

Jika bisa mengecoh ponsel pemilik mobil dan mobil, maka sistem bisa tertipu dan menganggap pemiliknya secara fisik berada di dekat kendaraan. Protoko; BLE sensiri dirancang untuk menghubungkan perangkat bersama lewat internet.

Khan menggunakan dua perangkat keras kecil yang meneruskan komunikasi dalam demontrasinya ini. Di mana, relay dalam jarak sekitar 15 meter dari HP atai key fob pemilik Tesla.

Tesla Model Y

Teknologi ini menggunakan kode komputer khusus yang dirancang Khan untuk pengembangan Bluetooth. Ada juga alat lain yang dijual secara online untuk melakukan aksi pencurian dan dijual 100 dolar Amerika.

Berita Terkait
hitlog-analytic