Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengulik Fitur Unggulan V2L di Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5

Fitur unggulan IONIQ 5, yakni Vehicle-to-Load atau yang disebut V2L
Sumber :

100kpj – Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 telah diperkenalkan secara resmi di ajang Indonesia International Motor Show atau IIMS 2022. Ioniq 5 memiliiki banyak fitur unggulan, salah satunya adalah Vehicle-to-Load atau yang disebut V2L.

Pada IIMS 2022, Hyundai melakukan demontrasi akan fitur V2L ini melalui sebuah Café yang seluruh kebutuhan listriknya ditenagai oleh IONIQ 5. Artinya, Ioni 5 bisa jadi sumber listrik pendukung mobilitas penggunanya, seperti dalam kegiatan outdoor, dimanapun, kapanpun.

Fitur V2L memiliki pasokan arus listrik tipe AC sebesar 3,6 kW yang melebihi standar daya listrik domestik untuk satu rumah tangga. Arus listrik tersebut dapat diperoleh dari dua sumber yang dapat dipakai bersamaan.

Yaitu dari port bagian luar yang dapat difungsikan saat mobil dalam kondisi berhenti atau mati, atau dari port yang terletak di bagian dalam, tepatnya di bawah kursi baris kedua yang tetap bisa digunakan sekalipun mobil tengah dikendarai. Fungsi V2L dapat diaplikasikan untuk mengisi daya perangkat bertenaga listrik apapun, seperti sepeda listrik, skuter listrik, peralatan berkemah, hingga treadmill.

Fitur unggulan IONIQ 5, yakni Vehicle-to-Load atau yang disebut V2L

Selain itu, saat di situasi di mana mobil listrik lain tengah kehabisan baterai, fitur ini dapat digunakan untuk mengecas mobil tersebut menggunakan Handheld Portable Charger.

“Sebagai mobil listrik murni pertama yang diproduksi di Indonesia, IONIQ 5 dihadirkan dengan berbagai teknologi terkini milik Hyundai. Salah satunya adalah V2L yang kita demonstrasikan hari ini," ujar Makmur, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia kepada wartawan.

Berita Terkait
hitlog-analytic