Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Dalam Waktu Dekat Indonesia Punya Truk yang Bisa Jalan Tanpa BBM

Deretan SPG di GIICOMVEC 2020
Sumber :

100kpj – Sejumlah negara di dunia berusaha menekan emisi gas buang yang dihasilkan dari kendaraan bermotor, tujuannya untuk mengurangi polusi udara. Salah satu caranya meninggalkan penggunaan mesin berbahan bakar. 

Namun tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pabrikan kendaraan perlahan menciptakan mobil ramah lingkungan dengan mengandalkan tenaga listrik sebagai sumber penggerak roda.

Mitsubishi Fuso eCanter

Ada yang mengkombinasikan motor listrik, dengan mesin pembakaran, dan membuat seutuhnya mobil tanpa mesin konvensional. Artinya hanya mengandalkan baterai, dan dinamo sebagai energi utamanya saat berjalan. 

Bukan hanya mobil penumpang, kendaraan komersial seperti truk juga dibuat serupa agar lebih ramah lingkungan. Seperti yang dilakukan Mitsubishi Fuso untuk pasar global dengan merilis truk yang diberinama eCanter.

Mitsubishi Fuso eCanter pertama kali hadir di Indonesia sekitar 2018, melalui PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), namun saat itu masih dalam bentuk konsep. 

Sehinggga pada 2020, pemegang merek Mitsubishi Fuso di Tanah Air itu kembali memperkenalkan eCanter versi produksi massal di ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle.

Berita Terkait
hitlog-analytic