Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Truk Molen Ini Punya Fitur Ala Honda PCX

Truk listrik dengan sistem tukar baterai.
Sumber :

100kpj – Honda PCX menjadi salah satu sepeda motor, yang jadi andalan perusahaan asal Jepang itu di banyak negara. Kendaraan tersebut memiliki desain menarik, serta dibekali dengan fitur kekinian.

Selain mesin konvensional yang membutuhkan bahan bakar, Honda juga menghadirkan PCX Electric yang sepenuhnya digerakkan oleh energi listrik. Tipe ini sudah tersedia di Indonesia, namun statusnya belum dijual secara massal.

Karena merupakan motor listrik, maka PCX Electric memiliki baterai yang disimpan di bawah jok dan berjumlah dua buah. Saat energinya habis, maka pengendara cukup menuju tempat khusus yang sudah disediakan untuk menukar baterai dengan yang sudah terisi penuh.

Prosesnya memakan waktu tidak lama, hampir sama seperti mengisi bensin di motor biasa. Cukup cabut baterai lama, masukkan ke slot yang tersedia dan ambil baterai yang sudah penuh.

Kemenperin PCX Listrik

Konsep penukaran baterai tersebut awalnya hanya dikembangkan untuk motor saja, karena ukuran baterai relatif kecil dan tidak terllau berat. Berbeda dengan kendaraan roda empat, yang bobot baterainya saja bisa mencapai lebih dari 400 kilogram.

Namun, hal itu tidak menghentkan pabrikan otomotif China untuk berupaya mewujudkannya. Dilansir dari laman Carscoops, Selasa 15 Maret 2022, salah satunya yakni Geely yang disebutkan sedang mengembangkan sistem tukar baterai untuk mobil dan truk.

Berita Terkait
hitlog-analytic