Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil Listrik Buatan Suzuki dan Toyota Meluncur 2025

Mobil listrik Suzuki dan Toyota
Sumber :

100kpj – Suzuki dan Toyota dikabarkan berkolaborasi dalam membuat mobil listrik di India. Nantinya, mobil hasil kedua pabrikan Jepang itu akan bersaing dengan merek-merek lokal di negeri Bollywood itu.

Jenis mobil yang dibuat oleh Suzuki dan Toyota adalah mid-size SUV. Seperti dilansir dari Cartoq, SUV listrik ini akan didasarkan pada platform Skateboard. Platform ini sudah digunakan di Hyundai IONIQ 5, Kia EV6, dan juga Tesla.

Di mana, nanti dengan empat roda di ujung kanan-kiri rangka, mirip papan skateboard. Dengan tidak menggunakan tunnel transmisi dan kompartemen mesin, alhasil ruang kabin lebih luas untuk interior dan penempatan baterai.

Mobil SUV listrik Suzuki dan Toyota ini mengusung kode platform 27PL dan berasal dari platform Skateboard 40PL. Beberapa produk berbasis 40PL yang dijual di pasaran, seperti Toyota BZ4X, Lexus RZ, dan Subaru Solterra.

Nantinya mobil dari Suzuki dan Toyota itu akan bersaing dengan produk lokal India, Tata Nexon EV. Toyota memang dikenal sudah sanggup dalam memproduksi jenis mobil listrik, dari hybrid hingga full baterai.

Namun, ke depannya memamng benar-benar fokus ke mobil listrik full baterai. Maka dari itu, kerja sama dengan Suzuki harus dilakukan. Dipilihnya Suzuki sendiri karena menjadi penguasa pasar di India, dan kerja sama ini diharapkan bisa langsung diterima di sana.

Berita Terkait
hitlog-analytic