Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kijang Innova Hybrid Buatan Indonesia Pakai Rancang Bangun Baru?

Kijang Innova edisi 50 tahun Toyota

100kpj – Mobil Kijang menjadi produk pertama Toyota yang diproduksi lokal. Kendaraan roda empat yang sempat dijuluki kerjasama Jepang dan Indonesia itu awalnya ditawarkan dalam bentuk pengangkut barang atau jenis pikap.

Namun seiring kebutuhan pasar yang meningkat akan mobil penumpang harga terjangkau, Toyota Kijang versi MPV hadir dengan memiliki konfigurasi tujuh penumpang, dan bagasi yang luas sesuai selera masyarakat.

Setelah sukses di pasar domestik, Toyota menjual produk buatan lokal hingga ke luar negeri. Di mana Kijang Super menjadi model pertama yang di ekspor ke Brunei Darusalam pada 1980-an sebanyak 50 unit dalam keadaan utuh.

Hingga saat ini mobil legendaris Toyota tersebut masih eksis di pasaran, dan sudah mengalami beberapa kali perubahan total. Memasuki tahun 2000-an, MPV berbadan bongsor itu akhirnya memiliki nama tambahan, yaitu Innova.

Kijang Innova adalah salah satu produk yang menjadi tulang punggung penjualan Toyota di Tanah Air, bahkan penguasa pasar MPV kelas menengah ke bawah. Ditawarkan dua pilihan mesin, yaitu bensin 2.000cc, dan diesel 2.400cc.

Mengingat produk tersebut sudah dikenal luas, dan memiliki pasar yang menjanjikan, maka Toyota memilih Kijang Innova sebagai produk pertamanya yang akan disematkan teknologi hybrid demi menuju era ramah lingkungan. 

Dengan begitu tidak membutuhkan proses panjang untuk produksi, atau memperkenalkannya di pasar. Artinya hanya perlu menyesuaikan beberapa komponen tambahan, dan masyarakat sudah tahu sepak terjang produk tersebut.

Berita Terkait
hitlog-analytic