Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan 100 Persen Percaya Teknologi Canggih Mobil

Ilustrasi teknologi rem otomatis pada mobil baru.
Sumber :

100kpj – Saat ini mobil-mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan perangkat canggih, yang bisa membantu pengemudi agar terhindar dari bahaya kecelakaan.

Tujuan dikembangkannya peranti berteknologi terkini itu bukan hanya demi menyelamatkan nyawa mereka yang ada di dalam kendaraan, namun juga para pengguna jalan lain.

Bahkan, sistem yang dikenal dengan sebutan Advanced Driver Assistance System atau ADAS itu juga mampu melindungi pejalan kaki, dari kemungkinan tertabrak.

Cara kerjanya sederhana, di mana sensor yang dipasang pada kaca depan dan bumper akan terus memantau kondisi di depan jalan. Apabila ada objek yang jaraknya terlalu dekat saat mobil melaju, maka komputer akan memberi tahu pengemudi.

Jika peringatan tidak dihiraukan, maka komputer akan mengambil alih kendali dengan cara mengaktifkan rem. Sistem itu sudah terbukti berhasil menekan angka kecelakaan, dan telah dipasang di beberapa mobil yang dipasarkan di Indonesia.

Mobil Otonom

Namun, dikutip dari laman Carscoops, Juat 4 Februari 2022, Badan Keselamatan Jalan Raya IIHS di Amerika Serikat menemukan fakta bahwa pengemudi tidak bisa sepenuhnya mengandalkan ADAS.

Berita Terkait
hitlog-analytic