Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kaget, Kecelakaan Truk Maut di Balikpapan Gegara Klakson Telolet

Kecelakaan truk di Balikpapan
Sumber :

100kpj –Kecelakaan truk maut yang terjadi di Simpang Rapak, Balikpapan tepat seminggu lalu, dinyatakan oleh Komite Nasional Keselamatan Transpotasi (KNKT) disebabkan oleh rem blong.

Uniknya penyebab rem blong tersebut dipengaruhi oleh penggunaan klakson telolet, hal tersebut diungkapkan oleh Achmad Wildan, Senior Investigator KNKT yang bercerita kepada VIVA Otomotif, Wildan menjelaskan bahwa kecelakaan yang terjadi di Balikpapan dipastikan terjadi akibat kasus angin tekor, yang menyebabkan rem truk tidak berfungsi.

Lebih lanjut Wildan mengungkapkan jika ada tiga hal yang bisa saling berkaitan sebagai penyebab kecelakaan, pertama menurut pengakuan pengemudi saat masuk turunan posisi gigi perseneling berada diposisi empat.

"Walaupun pengemudinya bilang bisa masuk gigi tiga, tapi saya gak percaya, karena saya sebagai asesor kompetensi pengemudi, tahu betul betapa sulitnya memindahkan gigi ketika turunan, dalam kondisi pedal kopling tidak bisa diinjak," bilang Wildan.

https://thumb.viva.co.id/media/frontend/thumbs3/2022/01/21/61ea2b7b20d5f-tangkapan-layar-rekaman-kecelakaan-truk-tabrak-kendaraan-di-balikpapan_1265_711.jpg

Selanjutnya Wildan menjelaskan bahwa jarum rpm berada di angka 5, dan pengemudi merasakan pedal rem keras. Itu artinya masalah angin tekor. Kemudian tim investigator memeriksa gap atau celah kampas dengan tromol. Ternyata ada gap lebih dari 2 mm, menandakan betul masalahnya angin tekor.

Kemudian Wildan mencari temuan lain penyebab rem angin tekor, tim KNKT menemukan truk menggunakan klakson telolet. Sayangnya angin untuk membunyikan klakson telolet tersebut berada dalam satu tabung, dengan angin untuk sistem pengereman.

Berita Terkait
hitlog-analytic