Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Diskon PPnBM Diperpanjang, Siap-siap Harga Mobil Baru Murah Lagi

Pameran otomotif GIIAS 2018.
Sumber :

100kpj – Di awal pandemi covid-19 pada 2020 membuat daya beli masyarakat terhadap kendaraan baru menurun. Semua produsen mobil menjerit karena penjualan yang menurun drastis dibandingkan sepanjang 2019.

Berbagai cara dilakukan pemerintah demi menggairah penjualan mobil baru, salah satunya memberikan isentif PPnBM nol persen pada Maret 2021. Berlaku untuk mobil buatan lokal dengan kapasitas mesin sampai 1.500cc. 

SPG mobil

Setelah sukses meningkatkan penjualan dalam beberapa bulan, diskon pajak tersebut disesuaikan untuk mobil dengan kapasitas mesin hingga 2.500cc berpenggerak dua roda, dan empat roda.

Namun serangkaian isentif tersebut hanya berlaku sampai Desember tahun lalu. Maka tidak heran di Januari 2022, sejumlah produk yang sempat menikmati keringanan tersebut harganya berubah menjadi lebih mahal.

Harga jual tersebut menyesuaikan perubahan aturan PPnBM berdasarkan emisi gas buang. Meski baru berjalan sekitar dua pekan di awal tahun ini, banderol mobil-mobil baru itu akan kembali berubah.

Sebab pemerintah telah memperpanjang diskon PPnBM untuk beberapa mobil baru dengan kandungan lokal yang sudah ditentukan. Menariknya keringanan tersebut akan berlangsung selama tahun ini, dan juga berlaku untuk mobil di kelas LCGC (Low Cost Green Car).

Berita Terkait
hitlog-analytic