Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Daihatsu Jualannya Moncer, tapi yang Paling Laku Bukan Xenia

Jejeran unit mobil produksi Astra Daihatsu Motor
Sumber :

100kpj – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim penjualan mobil mereka selama tahun 2021 moncer, hal tersebut ditandai dengan hasil penjualan ritel dengan raihan 151.107 unit, dengan market share sebesar 17,5%.

Capaian ini juga menjadi catatan penting bagi Daihatsu, karena berhasil mampu mempertahankan posisi ranking 2 selama 13 tahun berturut-turut dalam penjualan ritel otomotif nasional sejak 2009.

Bagusnya hasil jualan Daihatsu tak lepas dari program diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), yang ditetapkan oleh pemerintah. Uniknya, justru kendaraan niaga yang jadi jagoan Daihatsu, bukan Xenia.

Menurut Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, tahun 2021 Daihatsu berada di posisi kedua dalam hal market share. 

All New Daihatsu Xenia

Dengan capaian tersebut maka Daihatsu telah berhasil mempertahankan urutan kedua merek mobil terlaris di Indonesia selama 13 tahun berturut-turut, hanya kalah dari Toyota.

Untuk kategori mobil apa yang paling laris justru datang dari kendaraan komersial. "Untuk kontribusi model Daihatsu yang paling laku datang dari GranMax Pick Up dengan menyentuh angka 39 ribu unit di tahun lalu," kata Hendrayadi dalam konferensi pers virtual, dikutip Jumat 14 Januari 2022.

Berita Terkait
hitlog-analytic