Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Xenia Cs Terancam Tak Dapat PPnBM 0%, Ini Kata Daihatsu

All New Daihatsu Xenia
Sumber :

100kpj – Relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru kabarnya akan dipermanenkan oleh Kementerian Perindustrian. Syaratnya, mobil yang dapat relaksasi harus memiliki kandungan lokal minimal 80%.

Angka tersebut, lebih besar dari aturan sebelumnya yang hanya mengharuskan 70%. Mobil sejuta umat seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia hingga Daihatsu Terios memiliki kandungan di bawah 80%.

Avanza tercatat hanya memiliki kandungan lokal 78,9%, kemudian Daihatsu Xenia sebesar 79,2% serta Terios sebesar 75,2%. Maka dari itu, ketiganya terancam tak dapat lagi diskon PPmBM 100%.

All New Daihatsu Xenia

"Memang benar dari SE yang keluar, lokal konten Xenia 79,2% dalam lampiran yang mendapat dispensasi PPnBM. Angka itu keluar dari mana? Keluar dari masing-masing APM," kata Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra dalam jumpa pers virtual, Kamis 16 Desember 2021.

ADM menyebut itu semua hanya bersifat pengakuan, saat APM diminta melaporkan berapa lokan konten versi APM dengan hitungan dari Kementerian Perindustrian. Sementara itu, untuk kali ada audit dengan perusahaan resmi yang ditunjuk oleh pemerintah, yakni Surveyor Indonesia serta Sucofindo.

"Daihatsu diaudit Surveyor Indonesia, kami sudah dapat laporan hasil audit yang ditujukan kepada ADM untuk seluruh produksi ADM. Bisa saya katakan Terios dan Xenia semua sudah di atas 80%," ujar Amel menambahkan.

Berita Terkait
hitlog-analytic