Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ada Periode Genting Selamatkan Mobil dari Ancaman Air Laut

Ban Mobil saat Hujan
Sumber :

100kpj – Air laut memiliki kadar garam tinggi, dan bisa merusak ke komponen mobil jika terkena secara langsung dan tak langsung dibilas air tawar. Jika domisili Anda di dekat lalu, atau sedang bermain ke pantai harus tau pencegahannya.

Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar, mengakui akan ancaman air laut pada mobil. Menurutnya, ada ada masa krusial atau yang disebut 'golden time' yang menjadi acuan untuk 'menyelamatkan' mobil dari bahaya kerusakan akibat air laut.

"Tidak harus khawatir karena kita punya golden time. Waktunya ya cuma 24 jam," kata Rifat dalam diskusi virtual bersama MMKSI, Selasa 14 Desember 2021.

Rifat Sungkar

Pereli Indonesia ini menjelaskan jangan membiarkan mobil yang sudah basah air laut sampai kering sendiri tanpa dibersihkan. Apabila mobil terkena air laut, maka harus segera dibilas air tawar.

"Kami sepakat teman-teman offroad atau yang tinggal di pesisir pantai, ketika sudah kena air laut harus segera cuci dengan air tawar. Karena bisa jadi masalah ke depan," ujarnya.

Air laut bisa mempercepat karat pada mobil yang ujungnya menimbulkan keropos. Ini terjadi perlahan dan mungkin tidak segera terdeteksi visual dalam terasa jangka pendek, tapi dalam jangka panjang cukup bahaya.

Berita Terkait
hitlog-analytic