Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil China Ini Lebih Laku di RI Dibandingkan Honda Mobilio

Honda Mobilio di IIMS
Sumber :

100kpj – Mobil Low MPV (Multi Purpose Vehicle) memiliki pangsa pasar terbesar di Tanah Air jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Produsen yang menawarkan produk sejenis menawarkan harga dan desain yang berbeda-beda.

Tercatat ada enam produk yang bermain di kolam yang sama, yakni Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, dan Wuling Confero S.

Soal dapur pacu, Mobilio, Ertiga, Confero, dan Xpander dipersenjatai mesin bensin 1.500cc dengan penggerak roda depan. Sedangkan Avanza atau Xenia model lawas memiliki mesin 1.300cc dan 1.500cc penggerak belakang.

Untuk konfigurasi tempat duduk, semua Low MPV tersebut dapat menampung 7-penumpang. Bahkan secara fitur saling bersaing, dengan harga yang berfariatif. Lantas siapa yang paling laris?

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, Xpander menjadi yang terlaris sepanjang Oktober dengan angka penjualan pabrik ke diler mencapai 1.882 unit.

Sedangkan Avanza-Veloz yang biasanya menjadi pemimpin pasar hanya terjual 1.701 unit. Sebenarnya angka yang wajar, mengingat Toyota telah meluncurkan model terbarunya pada 10 November 2021.

Oleh sebab itu jumlah pendistribusian unit model lama ke jaringan diler menurun demi mencegah penumpukan unit. Sehingga diler fokus menawarkan All New Avanza dan All New Veloz kepada konsumen.

Berita Terkait
hitlog-analytic