Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Lancia Delta Versi Masa Depan Siap Beraksi di Rallycross 2022

Lancia Delta Integrale EV
Sumber :

100kpjVIVA – Nama Lancia memang tidak familiar di telinga sebagian besar masyarakat Indonesia, namun bagi mereka yang mengikuti perkembangan dunia otomotif pasti mengenalnya.

Lancia merupakan salah satu merek mobil, yang berasal dari Italia dan saat ini menjadi bagian dari grup Stellantis. Zaman dahulu, nama tersebut identik dengan ajang balap reli.

Mobil Lancia Delta S4 dirancang khusus, untuk berkompetisi di ajang balap reli grup B pada era 1985 dan 1986. Mobil ini menggunakan mesin buatan Fiat berkapasitas 1.800cc, yang dibekali sistem twincharging.

Teknologi twincharging merupakan gabungan dari turbocharger dan supercharger, agar jantung pacu dapat menghasilkan tenaga 2-3 kali lipat dari standar. Informasi yang beredar menyebutkan, bahwa Lancia Delta S4 memiliki tenaga sebesar 500 daya kuda.

Karena regulasi balap reli grup B terbilang bebas, maka mobil-mobil bisa disematkan teknologi canggih serta material yang sangat ringan. Ajang ini kemudian dihentikan selamanya, karena menjadi sumber dari banyak kecelakaan.

Dilansir dari laman Thedrive, Kamis 25 November 2021, tim balap GCK Motorsport asal Prancis berencana membangkitkan kembali legenda Lancia Delta, melalui varian Integrale yang jadi pesaing Lancer Evolution dan Subaru Impreza di grup A.

Namun, Lancia Delta yang disiapkan untuk ajang balap Rallycross 2022 tersebut memakai mesin tanpa emisi, yakni motor listrik dengan kekuatan setara 670 daya kuda dan torsi 880 Newton meter.

Berita Terkait
hitlog-analytic