Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

2022 Mobil Honda Punya Teknologi Canggih, Gak Bisa Tabrakan?

Honda HR-V 2021
Sumber :

100kpj – Ada berbagai faktor yang menyebabkan mobil mengalami kecelakaan, salah satunya karena pengemudi tidak bisa melihat secara utuh kondisi dari luar ketika berkendara. Keberadaan kaca spion tidak bisa membantu seutuhnya.

Ada beberapa bagian mobil menjadi titik buta, atau blind spot, sehingga objek seperti kendaraan lain, atau pejalan kaki di sekitar tidak dapat dilihat pengemudi dari beberapa sisi. Hal itulah yang kerap menjadi pemicu kecelakaan.

Honda Sensing 360, fitur baru yang bisa hilangkan titik buta

Salah satu cara mengatasi masalah tersebut dihadirkan fitur blind spot warning. Tugasnya memberikan tanda berupa indikator yang muncul dari spion, atau layar panel instrument untuk memberitahu ada kendaraan lain mendekat.

Selain visual, ada juga yang memberikan suara keras agar pengguna mobil sadar bahwa kondisi sekitar tidak aman untuk berbelok, menyalip, atau sebagianya. Fitur lain yang membantu pengemudi dari titik buta dalah kamera.

Berbagai brand sudah menyematkan kamera 360 derajat untuk melihat secara utuh kondisi mobil dari luar kabin ketika berkendara, atau parkir. Namun sepertinya kedua teknologi itu belum cukup bagi Honda mengatasi blind spot.

Jenama asal Jepang itu melahirkan Honda Sensing 360, sistem keselamatan omnidirectional untuk membantu pengemudi dapat melihat beberapa sisi blind spot di sekitar kendaraan, dan mengurangi resiko tabrakan mengemudi.  

Berita Terkait
hitlog-analytic