Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil Balap Formula 1 Ini 'Bangkit dari Kubur'

Mobil balap klasik F1 rancangan BRM
Sumber :

100kpj – Berbeda dari ajang balap zaman sekarang, adu kecepatan menggunakan mobil pada puluhan tahun lalu masih mengandalkan kekuatan murni mesin serta kemampuan pengemudinya.

Zaman dahulu belum ada perangkat canggih yang bisa mencegah ban tergelincir dari aspal sirkuit, atau sistem suspensi yang secara aktif berubah tingkat kekerasannya sesuai kondisi.

Desain kendaraan yang digunakan juga belum sekeren sekarang, di mana mobil balap era 1950-an masih berbentuk pipa besar yang dipasangi empat roda di sisi kiri dan kanan.

Salah satu tim balap yang 70 tahun lalu aktif di ajang adu cepat yakni British Racing Motors atau BRM. Pertama kali berdiri pada 1945, perusahaan ini pertama kali mengikuti ajang balap pada 1951.

Mobil yang pertama kali mereka gunakan yakni P15 V16. Sesuai namanya, kode V16 menunjukkan bahwa mobil tersebut dibekali mesin 16 silinder dengan konfigurasi V. Kapasitasnya 1.500cc, namun dibekali supercharger buatan Rolls-Royce.

Meski kapasitas mesinnya setara dengan mobil zaman sekarang, tapi P15 bisa menghasilkan tenaga hingga 600 daya kuda di putaran mesin 12 ribu rpm. Rolls-Royce mengklaim, bahwa sebenarnya mesin tersebut bisa mencapai batas 14 ribu rpm.

Mobil balap klasik F1 rancangan BRM

Dilansir dari Carscoops, Kamis 16 September 2021, anak pendiri BRM yakni John Owen ingin membangkitkan lagi mobil tersebut, untuk memperingati 70 tahun BRM berkiprah di ajang balap Formula 1.

Berita Terkait
hitlog-analytic