Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Penggerak Roda Depan Mitsubishi Xpander Gak Bikin Cemas Libas Tanjakan

Mitsubishi Xpander
Sumber :

100kpj – Dunia otomotif di Indonesia kembali diramaikan oleh kontroversi soal mobil penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD). Ini berawal dari viralnya video yang memperlihatkan Mitsubishi Xpander yang kesulitan saat lewati tanjakan Sitinjau Lauik, Padang, Sumatra Barat.

Dalam video itu nampak mobil yang jadi jagoan Mitsubishi di kategori Low MPV itu mundur kembali saat akan lewati tanjakan. Hingga akhirnya, pengemudi Xpander itu bisa lewat dengan mulus usai mengambil sudut yang berbeda.

Karena itu lah debat soal mobil penggerak roda depan atau roda belakang (Rear Wheel Drive RWD) yang sanggup mulus melewati tanjakan mencuat lagi. Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuh, menilai sama-sama saja.

Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

“Secara keseluruhan kalau mobilnya sudah bergerak, sudah ada motion (ada momentum bergerak sebelum tanjakan) sebenarnya nggak ada masalah depan atau belakang," kata Jusri.

Menurut Jusri, kemampuan FWD atau RWD dalam melibas tanjakan banyak variabelnya. Seperti kondisi kendaraan, jalan, dan kemampuan si pengemudi tersebut dalam menjalankan mobil di tanjakan.

Seperti dalam video yang viral tersebut, kondisi jalan licin akibat hujan deras. Yang terpenting adalah cara-cara si pengemudi dalam mengendalikan mobil serta jalan yang dilaluinya.

Berita Terkait
hitlog-analytic