Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ekspor Mobil Suzuki Naik 12 Persen, XL7 dan Wagon Dominasi

Suzuki All New Ertiga diekspor
Sumber :

100kpj – PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) mencatatkan pergerakan positif dalam kinerja ekspor kuartal 1 (Q1) 2021. Ekspor SIM tumbuh hingga 12% pada periode Januari Maret 2021 jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Peningkatan ini dipimpin oleh XL7 yang berhasil mencatat angka pertumbuhan hingga 136%, dan Karimun Wagon R yang peningkatannya mencapai 277% dibandingkan Januari-Maret 2020.

Production Planning Control Assistant to Dept. Head PT SIM, Apriyanto, mengatakan bahwa peningkatan performa ekspor ini menandakan bahwa pasar otomotif internasional mulai pulih. Serta kualitas Suzuki Indonesia sudah diakui.

Suzuki XL7

"Pencapaian ini juga menjadi bukti bahwa kualitas produk Suzuki Indonesia telah diakui dan diminati secara global, terutama XL7 yang meningkat hingga 136% dan Karimun Wagon R sebesar 277%. Hal ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus menghadirkan produk yang bertaraf internasional serta dapat memenuhi kebutuhan pasar luar dan dalam negeri,” kata Apriyanto dalam rilis ke 100KPJ, Selasa 20 April 2021.

Selain ekspor dalam bentuk utuh (CBU/Completely Built Up) XL7 yang berkontribusi hingga 25,3 persen, performa ekspor Suzuki juga didukung pengapalan Karimun Wagon R secara terurai (CKD/Completely Knock Down) sebesar 29,3 persen dan CBU All New Ertiga sebesar 14,1 persen.

Mobil Suzuki buatan Indonesia diekspor ke 51 negara yang tersebar di Asia, Timur Tengah, Afrika, Amerika Selatan, Oseania, dan Afrika. Tidak hanya peningkatan pada periode Januari-Maret 2021, Suzuki juga mencatatkan adanya peningkatan pada angka ekspor CBU bulan Maret jika dibandingkan dengan bulan Februari 2021.

Berita Terkait
hitlog-analytic