Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Peminat Xenia Semakin Merosot, Mobil Pikap Menjadi Andalan Daihatsu

New Daihatsu Grand Xenia
Sumber :

100kpj – Sejak kebijakan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) berlaku pada Maret 2021, pasar otomotif secara nasional meningkat sekitar 77 ribu unit. Daihatsu menjadi salah satu brand yang mendapatkan dampak positif dari isentif tersebut.

Pasalnya di bulan ketiga tahun ini penjualan diler ke konsumen mencapai 12 ribu unit, artinya menjadi angka tertinggi yang pernah diraihnya sejak pandemi tahun lalu. Hal itu disampaikan Marketing Direktur PT Astra Daiihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra.

Daihatsu Gran Max

“Pasar otomotif pada Maret 2021 naik signifikan karena dampak PPnBM. Daihatsu bersyukur dapat bertumbuh sejalan dengan pertumbuhan pasar mobil Indonesia. Kami berharap, tren positif ini dapat terus berlangsung,” ujarnya keterangan resminya, Selasa 13 April 2021.

Namun jika dihitung selama kuartal pertama, atau Januari sampai Maret 2021 penjualan mobil Daihatsu dari diler ke konsumen hanya 30.310 unit. Menurun dibandingkan periode yang sama di 2020, karena masih mencapai angka 39.186 unit.

Penurunan juga terjadi dari sisi wholesales, atau penjualan unit dari pabrik ke jaringan diler. Pasalnya selama tiga bulan tahun ini pencapaian yang didapatkan Daihatsu hanya 35.175 unit, sedangkan tahun lalu bisa terjual 48.113 unit.

Namun secara posisi, Daihasu tetap berada diurutan kedua sebagai brand mobil terlaris. Secara nasional penjualan retail tahun ini di kuartal pertama sekitar 178 ribu unit, artinya Daihatsu berkontribusi 17 persen terhadap pangsa pasar.

Berita Terkait
hitlog-analytic