Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sebelum Diganjar PPnBM Nol Persen, Mitsubishi Xpander Cuma Laku Segini

Mitsubishi New Xpander edisi 2020
Sumber :

100kpj –Pemerintah memberlakukan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) nol persen untuk 21 mobil baru sejak Maret 2021. Salah satu produk yang mendapatkan keringanan tersebut adalah Mitsubishi Xpander, dan Xpander Cross.

Mengingat isu penghapusan PPnBM sudah tersebar luas sebelum resmi diterapkan, maka ada sebagian konsumen yang menahan melakukan pembelian. Sehingga penjualan mobil di Februari sempat menurun dibandingkan Januari 2021.

Mitsubishi Xpander Adventure in Black

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil dari diler ke konsumen alias retail di awal tahun masih 53.996 unit, namun di bulan kedua menurun dengan total penjualan hanya 46.943 unit.

Hampir semua brand mengalami hal tersebut, seperti halnya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Memasuki bulan pertama tahun ini, pencapaan retail Mitsubishi masih 6.694 unit, dan di bulan berikutnya hanya 5.842 unit.

Saat terjadi penurunan di bulan lalu, mobil penumpang Mitsubshi menyumbang 3.289 unit, dan niaga ringan 2.553 unit. Model terlaris yang menjadi tulang punggung penjualan adalah Xpander, dan Xpander Cross sebesar 41,3 persen.

Kemudian disusul L300 dari kelas niaga ringan 34,9 persen, Pajero Sport 14,5 persen. Jika berkaca dari angka persentase tersebut, artinya cukup sedikit untuk pencapaian Xpander yang meramaikan pasar Low MPV (Multi Purpose Vehicle).

Berita Terkait
hitlog-analytic