Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengenal Standar API SP Pada Oli Mesin Mobil

Ilustrasi oli atau pelumas.
Sumber :
Ist

100kpjOli mesin mobil adalah salah satu cairan pada ruang mesin yang berfungsi untuk memberikan pelumasan untuk meminimalisir gesekan antar komponen.

Karena fungsinya yang penting, sehingga kualitas oli mobil pun harus dapat mengimbangi teknologi mesin yang semakin canggih dan modern.

Nah,untuk mengimbangi perkembangan mesin yang semakin canggih dan modern, tentunya dibutuhkan pelumas mesin yang dapat memaksimalkan kinerja mesin, dan memberikan perlindungan terhadap keausan.

Baca juga: Belum Banyak Yang Tahu Oli Mesin Diesel Bisa Digunakan Motor, Tapi..

Pelumas alias oli.

Untuk dapat memproduksi oli yang dapat menunjang mesin modern, maka kualiats oli harus diuji sehingga memenuhi standar tertentu, seperti misalnya standar AP SP yang merupakan standar pelumas mesin terbaru yang dikeluarkan oleh American Petroleum Institute (API).

API ini merupakan sebuah asosiasi perdagangan dan lembaga penguji, serta pemeriksa kualitas pelumas yang mewakili segmen industri gas alam dan minyak. Keunggulan dari oli yang memenuhi standar AP SP ini dapatmemberikan perlinudngan yang lebih baik terhadap keausan, serta menjaga kestabilan temperatur mesin.

Berita Terkait
hitlog-analytic